Menu Tutup

Sarambu Dua’ dan Sarambu Marendeng | Air terjun di Baruppu’ Utara

Sarambu Dua’

Jauh di sebelah utara Toraja, tepatnya di lembang Baruppu’ Utara, kecamatan Baruppu’ terdapat air terjun yaitu Sarambu Dua’ dan Sarambu Marendeng. “Sarambu” dalam bahasa Toraja berarti air terjun. Lokasi dan akses jalan ke kedua air terjun ini sama.

Kendaraan hanya bisa sampai di Sarambu Dua’ dan pengunjung melanjutkan dengan berjalan kaki menyusur tebing dan pinggir sungai kearah hulu untuk mencapai Sarambu Marendeng.

Ketinggian air terjun di Sarambu Dua’ hanya sekitar 3 meter saja namun memiliki kolam yang luas dan jernih yang biasa ditempati berenang oleh pengunjung maupun penduduk sekitar.

Berenang di jernihnya kolam air Sarambu Dua’

Sarambu Marendeng berada sekitar 1 km ke arah hulu dari aliran sungai yang sama dengan Sarambu Dua’. Meskipun ketinggian air di lokasi kedua ini jauh lebih tinggi namun kolam hempasan airnya jauh lebih kecil. “Marendeng” berarti selamat atau hidup. Dinamakan demikian karena konon pernah ada seorang yang jatuh dari puncak air terjun dimana dibawahnya banyak batu, namun ia berhasil selamat atau marendeng.

Air terjun Sarambu Marendeng

Jarak dari kota Rantepao ke air terjun Sarambu Dua’ adalah sekitar 41 km lewat jalur Lolai. Meskipun cukup jauh namun kedua air terjun ini melengkapi keindahan dan eksotisnya panorama alam Baruppu’.

Related post :   Air terjun Sarambu Bumbun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!