Menu Tutup

Pana’ | Situs purbakala — Sesean Suloara’

Pana’ merupakan pemakaman kuno dengan lubang makam yang dipahat kedalam tebing batu yang besar. Setiap lubang makam dimiliki oleh satu rumpun keluarga.

Situs purbakala Pana’, Sesean Suloara’

Situs kuno ini tak kalah uniknya dengan Lo’ko’mata dan Lemo yang sama-sama merupakan kompleks makam tebing batu berpahat. Lo’ko’mata memiliki ratusan lubang makam mengelilingi batu bulat raksasa, kemudian di Lemo, ratusan lubang makam dibuat pada tebing yang memanjang secara horizontal, sementara di Pana’, lubang makamnya dibuat pada tebing batu yang memanjang secara vertikal. Jika Lo’ko’mata dan Lemo masih aktif digunakan sampai sekarang, Pana’ tampaknya sudah tidak digunakan lagi.

Di atas puncak tebing batu besar ini ditumbuhi tanaman liar termasuk pohon besar yang perakarannya menjulur dari atas menuju ke bagian dasar batu. Kompleks makam batu ini tampak seperti berada di tengah hutan karena dikelilingi oleh banyaknya tumbuhan liar.

Pemakaman kuno pada Tebing batu

Terdapat juga sebuah pohon yang digunakan sebagai tempat pemakaman bayi. Pana’ hanya berjarak beberapa puluh meter saja dari jalan utama Tikala-Suloara’, di kecamatan Sesean Suloara’, Toraja Utara.

Related post :   Buntu Pune | Situs purbakala & pemukiman tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!