Menu Tutup

Pala’ Tokke | Cagar budaya

Pala’ Tokke adalah salah satu yang terdaftar dalam pemukiman tradisional Toraja yang dinominasikan sebagai warisan dunia UNESCO. Cagar budaya ini berjarak 7 km dari kota Rantepao, berada di lembang Pa’paelean, kecamatan Sanggalangi’, Toraja Utara.

Di situs budaya ini terdapat makam gantung yang diletakkan di tebing sebuah gunung. Ada 4 buah erong (peti purba) tergantung di atas tebing, tiga berbentuk perahu dan satu berbentuk kerbau. Pada mulanya semua erong disini tergantung pada tebing namun karena mengalami pelapukan akhirnya jatuh ke dasar tebing.

Erong tergantung di tebing situs Pala’ Tokke

Merujuk pada sebuah penelitian yang menyebut bahwa jumlah erong yang ditemukan di Pala’ Tokke adalah 9 buah yakni 6 berbentuk perahu, 2 berbentuk kerbau dan 1 berbentuk babi. Orientasi arah peletakan erong adalah utara-selatan. Menurut kepercayaan tradisional Toraja, selatan adalah tempatnya puya dimana para arwah bersemayam.

Pada umumnya ada 3 bentuk erong yang dibuat oleh leluhur Toraja dahulu yakni bentuk perahu, kerbau dan babi. Ketiga bentuk ini mendominasi temuan erong di semua situs makam kuno Toraja.

Sekitar 200 m di sebelah utara makam, terdapat pemukiman tradisional beserta rante (padang upacara kematian) dengan menhir-menhirnya.

Reference : Bibliography 044

Related post :   Rante Karassik | Situs megalitik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!