Menu Tutup

Pa’baladoan | The lovely of Masanda

Bagi para penikmat lanskap, keelokan destinasi yang satu ini boleh jadi tidak bisa dilewatkan begitu saja. Namanya Pa’baladoan yang terletak di Lembang Ratte Buttu, kecamatan Masanda, Tana Toraja. Lokasi Pa’baladoan berada diatas puncak sebuah gunung dengan view yang nyaris 360°, dengan lanskap 2 kabupaten yaitu Tana Toraja dan Mamasa.

Salah satu view dari Pa’baladoan

View utama yang jadi daya tarik destinasi ini adalah persawahan, perumahan dan pegunungan yang seolah tersusun sejajar menjadi 3 barisan memanjang mulai dari atas ke bawah atau dari timur ke barat.

Barisan pertama adalah deretan sawah-sawah mungil yang tersusun berjejer kebawah seperti anak tangga. Barisan kedua adalah perumahan penduduk yang dibangun berjejer mengikuti arah jalan poros Toraja-Mamasa. Barisan ketiga dibelakangnya adalah perbukitan.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pa’baladoan adalah saat musim menanam padi, Karena lanskap dengan padi menghijau atau saat padi telah menguning merupakan wajah Pa’baladoan yang sesungguhnya.

Terdapat beberapa gazebo untuk bernaung dari terik matahari maupun hujan sambil menikmati pemandangan.

Akses jalan ke Pa’baladoan  sudah sangat bagus mulai dari pusat kota Makale sampai ke  kecamatan Masanda. Namun ±1 km terakhir menuju lokasi di puncak masih merupakan jalan rintisan yang tidak dapat dilewati kendaraan saat musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!