Menu Tutup

Makula’ | Permandian alam air panas

Makula’ berjarak ±12 km dari kota Makale dengan melalui jalan poros Sangalla’ – Batualu. Objek wisata alam ini terletak di Lembang Tokesan kecamatan Sangalla’ Utara. Pada jaman penjajahan objek wisata ini dijadikan kamp tentara Jepang.

Makula’ terkenal dengan pemandian air panasnya. Air panas tersebut keluar dari batu gamping dan batu pasir yang mendominasi struktur tanah di Sangalla’. Mata air panas atau sumber air panas adalah air tanah yang keluar dari kerak bumi setelah melalui pemanasan secara geotermal.

Sumber panas berasal dari kantung magma di bawah Buntu (gunung) Kaero. Air panas tersebut kemudian mengalir melalui rekahan batuan lava andesitik Kaero dan keluar di 3 sumber mata air yang berdekatan.

kolam air panas Makula, Tana Toraja. Foto ig@evi_vanvin

Suhu tertinggi air panas Makula’ adalah sekitar 43°C pada suhu udara 22°C, pH air relatif netral (7,7 – 8,1), debit air 1 liter/dt, warna air jernih dan berbau sulfur.

Air panas yang berlebih dapat mengencerkan padatan mineral, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium. Mandi atau berendam di dalam air panas bermineral dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pemandian air panas Makula’ telah menjadi satu kompleks dengan layanan akomodasi yaitu hotel Makula’ serta layanan makan dan minum. Kolam air panas terdiri atas 2 kolam yaitu untuk anak-anak dan orang dewasa.

Perjalanan dari kota Makale dapat ditempuh sekitar 30 menit. Pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam sekitar Makula’ yang sangat elok. Hamparan sawah dibawah lembah dengan latar gunung Bebo’.

Reference : Bibliography 043, 051

 

Related post :   Patane Pong Massangka'

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!