Menu Tutup

Lali’ Manuk | Situs purbakala

Lali’ Manuk adalah situs purbakala yang memiliki koleksi erong yang banyak. Berada dalam gua dibawah kaki gunung Lali’ Manuk, lembang Parinding, Sesean, Toraja Utara.

Makam purba Lali’ Manuk ini pertama kali digunakan oleh seseorang yang bernama Pese Matua dan istrinya Royan Allo. Keduanya berasal dari Sesean dan memiliki 12 orang anak. Anak-anak mereka kemudian tersebar ke berbagai wilayah dan ada juga yang tinggal di sekitar kaki gunung Lali’ Manuk (Tannun Deata/Buntu Tille).

Erong Lali’ Manuk

Dalam perkembangan selanjutnya, erong Lali’ Manuk juga digunakan oleh Paerunan yang berasal dari Rangri’. Mereka menetap di sekitar kaki gunung Lali’ Manuk (To’ Kamiri) dan melahirkan 4 orang anak, yang kemudian menikah dengan anak-anak dari Pese Matua. Erong Lali’ Manuk diperkirakan telah berusia ±700 tahun.

Lokasi erong berjarak sekitar 300 m dari jalan utama Parinding. Selain erong, gunung Lali’ Manuk juga memiliki view lanskap yang sangat indah. Dari atas puncaknya akan tampak jelas barisan rumah-rumah tradisional, hutan bambu, hamparan persawahan  serta bukit-bukit karst.

panorama dari puncak Lali’ Manuk
Related post :   Londa | Gua alam & cagar budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!