Menu Tutup

Panorama alam

Pesona dataran tinggi yang menakjubkan dengan deretan perbukitan disertai rumah-rumah tradisional yang berbaris diselimuti awan. Persawahan yang berteras mengikuti kontur bukit atau lembah dengan anak sungainya yang jernih.

Air terjun

Hutan lebat menyimpan air dan muncul sebagai mata air yang sangat jernih, mengalir ke sungai-sungai yang mengitari pegunungan, menghasilkan begitu banyak air terjun dengan view yang sangat indah.

Agrowisata

Beberapa tanaman dan hewan sangat esensial bagi orang Toraja karena merupakan bagian dari tradisi dan budaya. Bagaimana budidaya dan pemanfaatannya oleh masyarakat lokal, menjadi daya tarik wisata agro.

Pemukiman tradisional

Pemukiman tradisional Toraja telah ada ratusan tahun yang lalu dan masih digunakan hingga saat ini, menjadi warisan hidup yang dilestarikan oleh masyarakat lokal.

Wisata religi

Budaya dan religi adalah sama pentingnya di Toraja. Beberapa destinasi spiritual telah menjadi favorit bagi wisatawan untuk dikunjungi.

Simbuang (menhir)

Simbuang (menhir) merupakan tradisi megalitik yang telah bertahan selama berabad-abad. Tugu batu ini ditanam saat ritual kematian dan menjadi medium penghormatan kepada leluhur.

Makam tebing

Ciri khas pemakaman kuno Toraja yang memahat tebing batu yang terjal untuk pemakaman. Dimulai dari jaman leluhur dan terus berlanjut sampai hari ini.

Baby grave

Bayi-bayi dianggap masih suci sehingga tidak dikubur seperti orang dewasa, tetapi dimakamkan di dalam batang pohon besar yang bergetah putih. Jiwanya kembali kepada Sang Pencipta sementara jasadnya akan tumbuh bersama pohon.

Makam gantung

Leluhur menggantung erong (peti jenazah kuno) di dalam langit-langit goa besar atau di tebing-tebing yang sulit dijangkau. Kepercayaan tradisional meyakini bahwa leluhur akan mudah mengawasi keturunannya dari tempat yang tinggi.

Erong

Peti purbakala yang digunakan oleh nenek moyang orang Toraja untuk menyimpan jenazah leluhur. Dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran serta dihiasi dengan ukiran tradisional.

Gua alam

Ada begitu banyak gua di Toraja. Beberapa sudah tereksplorasi dan telah lama dimanfaatkan, sementara yang lainnya masih tak tersentuh dalam gelap dan misteri.

error: Content is protected !!