Menu Tutup

Dimana Letaknya Toraja?

Asia > Indonesia > Sulawesi > Toraja

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan wilayahnya merupakan yang terluas di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, jumlah penduduknya menempati urutan ke-4 terbanyak di dunia. Indonesia memang unik karena keberagamannya yang sangat heterogen, baik agama, suku, budaya, bahasa dan lain sebagainya.

Menjadi negara kepulauan yang memiliki kemajemukan serta keadaan geografi yang  beragam menjadi berkah tersendiri bagi Indonesia karena memunculkan ratusan destinasi dan ribuan spot pariwisata yang luar biasa.

Diantara ribuan itu, salah satu yang sudah mendunia dan punya keunikan tersendiri adalah suku Toraja. Toraja adalah salah satu etnis yang mendiami Pulau Sulawesi yang terletak di bagian tengah Indonesia. Pemukiman terbesar etnis ini ada di provinsi Sulawesi Selatan bagian utara dan Sulawesi Barat, yang meliputi tiga kabupaten yaitu Tana Toraja, Toraja Utara dan Mamasa.

Toraja merupakan salah satu suku bangsa proto-Melayu (Melayu tua) bersama dengan suku Batak, Dayak, Sasak, Nias dan beberapa suku lain yang datang lebih awal di kepulauan Nusantara. Diperkirakan mereka berimigrasi dari daerah Yunan pada tahun 1500 SM.

Pemukiman orang Toraja sendiri berada di atas pegunungan dengan ketinggian lebih dari 700 m dpl. Topografi pegunungan merupakan suatu anugerah karena keindahan alamnya yang begitu mempesona, dingin, sejuk dan damai.

Related post :   Pesona daya tarik wisata Toraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!