Menu Tutup

Buntu Pune | Situs purbakala & pemukiman tradisional

Daya tarik objek wisata Buntu Pune yang klasik dengan background sejarahnya yang jadi saksi bisu banyak peristiwa penting di Toraja pada masa lampau. Sesuatu yang klasik atau kuno adalah hal yang tak ternilai. Situs ini telah dinominasikan dalam ‘pemukiman tradisional Toraja’ untuk menjadi warisan dunia UNESCO.
Peninggalan bersejarah leluhur Toraja di Buntu Pune  adalah sesuatu yang sangat menarik untuk ditelusuri. Jadi sebelum Anda berwisata ke Buntu Pune, sebaiknya simak dulu ulasan historisnya.
pict by @detyosjourney
Situs purbakala Buntu Pune terletak di kelurahan Ba’tan, kecamatan Kesu’, Toraja Utara. Berjarak sekitar 500 m dari jalan poros Rantepao – Sanggalangi’. Buntu Pune berarti diatas batu cadas. Buntu Pune merupakan pemukiman orang Toraja jaman dulu yang dibangun oleh Pong Maramba pada tahun 1880 dan menjadi pusat pemerintahannya setelah menjadi Parengnge’ di wilayah Kesu’ dan Tikala. Terdapat beberapa 2 buah tongkonan dan 6 buah alang (lumbung) yang berjejer di depannya.
pict by @komangs.arsa
Disitus purbakala ini terdapat banyak peti mati kuno yang ujungnya berbentuk kepala kerbau. Peti-peti mati ini terbuat dari sebatang kayu besar yang bagian dalamnya dilubangi. Terdapat juga patane di sebuah bukit yang dibangun tahun 1918 dan menjadi bagian dari Situs Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan.
pict by @gitandepadang
Related post :   Suaya | Pemakaman bangsawan Sangalla'

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!