Menu Tutup

Bagaimana caranya ke Toraja?

 

Toraja berada di bagian utara jazirah Sulawesi Selatan. Untuk mencapai tempat ini wisatawan dapat menempuh dua jalur umum yaitu darat dan udara.

Perjalanan darat

Saat ini Bandara Sultan Hasanuddin Makassar merupakan salah satu gerbang utama menuju ke Toraja. Setelah mendarat di bandara, gunakan taxi bandara untuk mengantar anda keluar menuju ke hotel atau penginapan sebelum melanjutkan perjalanan ke Toraja.

Rute darat Makassar-Toraja adalah yang paling umum digunakan. Anda dapat memilih menggunakan bus atau mobil rental. Jika menggunakan bus, anda bisa tidur diperjalanan sembari melepas lelah, kursi yang luas dan fasilitas lainnya, namun anda harus menyesuaikan jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan. Jika waktu libur anda lebih banyak, gunakanlah bus.

Menggunakan mobil rental memungkinkan anda bisa mengatur jadwal berangkat yang lebih fleksibel. Begitu mendarat di bandara anda dapat dijemput dengan segera atau hal lain tergantung kesepakatan anda dengan pemilik rental.

Perjalanan darat memerlukan waktu sekitar 8 jam dari Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan, dengan menempuh jarak sekita 325 km yang melewati beberapa kabupaten/kota yaitu Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, Sidrap dan Enrekang.

Trayek Makassar – Toraja dan sebaliknya telah dilayani oleh puluhan armada angkutan bus dengan fasilitas dan rentang harga yang bervariasi. Anda bebas memilih tipe kelas bus yang diinginkan dan fasilitas yang didapatkan sesuai dengan tipe kelas bus yang anda pilih. Operator bus ke Toraja.

Jadwal keberangkatan bus Makassar-Toraja (pp) umumnya pagi dan malam hari. Jika anda berangkat pagi maka anda tiba malam dan jika menggunakan bus malam maka anda akan tiba subuh. Untuk pemesanan tiket, anda dapat menghubungi armada yang bersangkutan atau langsung menuju ke alamat bus tujuan.

Jika merencanakan kunjungan pada bulan desember, anda harus memesan tiket bus jauh-jauh hari karena pada bulan ini jumlah penumpang ke Toraja sangat padat.  Bulan desember merupakan momen bagi banyak orang Toraja untuk pulang kampung.

“Perjalanan yang lumayan jauh, namun percayalah apa yang akan anda temui adalah eksotisme yang tak ada dimanapun di dunia ini”

Setelah tiba di Toraja anda tak perlu mengkhawatirkan akomodasi. Tersedia puluhan hotel dan penginapan yang bebas anda pilih sesuai kriteria yang diinginkan.

Jalur udara

Indonesia memiliki banyak bandara internasional sebagai gerbang masuknya wisatawan. Bandara internasional Soekarno Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Denpasar, Bali), Juanda (Surabaya), Sam Ratulangi (Manado) dan lain-lain. Dari salah satu bandara tersebut anda kemudian pilih penerbangan ke bandara Sultan Hasanuddin (Makassar).

Dari Makassar anda dapat memilih perjalanan darat atau udara. Perjalanan udara merupakan rute yang tercepat, namun anda harus menyesuaikan jadwal perjalanan anda dengan jadwal penerbangan Makassar—Toraja yang hanya tersedia pada hari dan jam tertentu saja.

Di Toraja terdapat bandara Pongtiku yang melayani rute penerbangan dengan pesawat perintis. Selain penerbangan dari Makassar, terdapat juga beberapa daerah yang melayani rute penerbangan ke Toraja dengan jadwal tertentu.

Berikut adalah rute penerbangan ke Toraja (pp).

  • Makassar – Toraja (45 menit)
  • Mamuju (Sulawesi Barat) – Toraja
  • Kolaka (Sulawesi Tenggara) – Toraja
  • Seko – Toraja
  • Rampi – Toraja
  • Balikpapan (Kalimantan Timur) – Toraja (1 jam)

Jalur alternatif penerbangan ke Toraja dapat juga melalui beberapa bandara di kota terdekat, kemudian dari situ anda bisa lanjut ke Toraja lewat perjalanan darat. Bandara tersebut adalah :

  • Palopo (bandara Bua), jarak tempuh 40 km (1 jam) lewat jalur Bastem atau 68 km (2 jam) lewat jalur Palopo-Lebang-Rantepao.
  • Masamba (bandara Andi Djemma), 96 km
  • Mamuju (bandara Tampa Padang), lewat jalur Mamuju-Mamasa-Tabang-Toraja
  • Makassar (bandara Sultan Hasanuddin), 325 km

Selain bandara Pongtiku, masih ada satu bandara lagi di Toraja yang akan segera beroperasi dalam waktu dekat yaitu Bandara Buntu Kuni yang sedang dalam tahap pengerjaan. Jika sudah dioperasikan maka perjalanan ke Toraja akan jauh lebih cepat dengan waktu yang fleksibel.

Jalur Laut

Ini adalah jalur yang lebih ekstrim dibandingkan dengan jalur darat dan udara. Untuk para wisatawan rute ini hampir tidak pernah jadi pilihan karena perjalanan yang lama dan rumit. Rute ini hanya digunakan oleh perantau yang pulang ke kampung halaman dan umumnya dari wilayah Pulau Kalimantan.

Namun jika berniat mencoba tidak mengapa. Gerbang masuk terdekat adalah pelabuhan Nusantara Pare-Pare. Dari sini kita menempuh perjalanan darat lagi ke Toraja selama 5 jam dengan bus. Jika menggunakan mobil  kecil waktu tempuh bisa lebih singkat.

 

Related post :   Pesona daya tarik wisata Toraja

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!